Peringatan Hari kartini vs Cita-Cita Kartini.


Peringatan Hari kartini vs Cita-Cita Kartini.




April, pada bulan ini tiap tahunnya terjadi pemborosan besar besaran hampir diseantero negeri ini. Mungkin yang ga sadar bakal ngomong “wiih….Pemborosan apaan nih? Kan belom hari raya?”. Well, emang hal ini banyak yang pada ga sadar. Dan gilanya lagi, kebiasaan buang buang duit ini kalo ga segera dibenahi bakalan berlanjut terus terusan. Imbasnya adalah makna dari perayaan sebenarnya bakalan hilang-lang-lang-lang… “eitt… perayaan apa emang?” jawabnya gampang HARI KARTINI.
Yep, masih keinget ga nih para readers sekalian? Yah, mungkin ada yang udah lupa, tapi bagi reader yang masih SMP/SMA pasti mayoritas setiap bulan april tuh banyak banget orang yang wara-wiri keliling neighborhood kalian, ato mungkin justru kalian sendiri yang mesti sampai ngantri di salon (terutama cewek) dari bedug subuh Cuma buat didandanin ala cewek anggun berbaju adat. Daan, yang paling banyak pastilah pake kebay kebaya dan kebaya.
Well, jujur baru sekarang aku sadar dan mulai berpikir. dan pikiran itu baru terlintas sesaat setelah ni tadi (jumat, 20-04-2012) sekitar pukul 10.00 waktu Indonesia bagian Lidah Wetan gang 5 Surabaya. Waktu itu aku yang baru aja kelar sarapan nasi pecel dengan siraman kuah rawon (harap maklum ya pren, selera ku emang aneh kadang-kadang) dan sedang menikmati sebatang rokok dun*ill mild dan segelas es the, mendapati beberapa cewek seusia SMP/SMA yang lagi pake kebaya wara wiri sambil ngobrol. Pas saat itu aku mikir apa emang gini caranya ngerayain hari kartini? Ga ada cara lain yang lebih “hemat” tapi tetep ga nge-hilang-in SUBSTANSInya? (ajiiib,,tinggi banget bahasanye…wkwkwkwk). Toh dengan berpakaian kebaya tuh, anak anak smp/sma juga nganggep itu Cuma rutinitas n berpikir “oh, iya besok kita kartinian ya??? Eh pakaiapa nih?? Eh gitu tuh bagusan nyewa dimana bajunya??? kamu riasnya dimana???” (mayoritas omongan cewek menjelang perayaan kartinian diseolahnya,,, girls, no offense, I don’t like a girlie girl, cewek tomboy is always adorable for me :P ).
Tuh kan? Ga dapet meaningnya juga toh? Lantas tuh sekolah sekolah ngapain pada ngerayain? Toh ntar ujung ujungnya paling mentok Cuma upacara, lomba masak ato pemilihan putra-putri kartini ato apalh itu sebutannya. Ya toh? Guru guru di sekolah pernah ga nyeritain kartini itu gimana sih sebenernya? Beliau itu kayak gimana sih kesehariannya? Lantas apa Cuma ini peninggalan beliau?
Nah, kok ya kebetulan setelah itu aku buka buka Koran J*wa pos dan ternyata di salah satu kolom favorit aku (kolom Opini) ada yang mbahas hal yang sama dengan apa yang ada dipikiran ku saat itu. (asli men, ga bohong aku, berani dah disumpahin langsing sampe bingung :p). dan sepertinya kolom itu patut dibaca oleh sekolah sekolah dan instansi instansi yang “mewajibkan”/”menyuruh” warganya untuk menggunakan kebaya dan baju daerah lain saat kartinian.
Sebuah artikel yang menurut saya isinya cukup mudah dipahami dan SEBENARNYA BISA buat mbuka kesadaran bagi para pembacanya. penulis yang notabene wartawan yang juga alumnus pascasarjana ilmu sejarah undip bernama bapak edy supratno, memaparkan tentang bagaimana kartini sebenarnya secara singkat. Beliau memaparkan bagaimana kartini yang memang keturunan priyayi yang kesehariannya memakai kebaya (karena pakaian mewah pada jaman itu emang kebaya men..) tapi keluarganya menjulukinya trinil (sejenis burung yang gerakannya gesit banget, sulit nangkepnya men..). beliau juga menjelaskan bagaimana RA Kartini sering ikut ayahnya yang seorang bupati untuk turun langsung meninjau rakyatnya dan ga segan segan bahkan diajarin oleh keluarganya bagaimana cara menanam padi hingga mengetam padi tersebut. Bukan diajarin upacara yang selama upacara berlangsung banyak yang ngobrol,kipas-kipas, n dengerin mp3 terus ikut lomba terus pulang, selesai.
Well, untuk sekolah yang ngadain lomba masak bisa dikasih sedikit poin lebih lah,,,sedikit tapi,,,(separuh dari sedikit deh pasnya… :P) mengingat dalam sejarahnya emang RA Kartini emang yang paling pinter masak daripada sodara sodaranya yang lain. Eiitttt, tapi…masih ada tapinya lho… tapi RA Kartini masak bukan sekedar masak lho. Jangan salah. Beliau adalah satu satunya, diantara semua saudaranya, yang paling pinter masak masakan eropa! Kebayang ga? Jaman itu masak masakan eropa.. dapet darimana coba resepnya? ? Jawabnya gampang, SURAT KABAR!
Trus bisa bahasa eropa dari mana coba? Kan belum emansipasi? Kan cewek belum boleh belajar tinggi tinggi? Yah, kengototan RA kartini dalam belajar, keras kepalanya beliau buat nimbus dinding penghalang dan cibiran keluarga sekitarnya atas keinginannya berpendidikan, sifat HAUS dan ANTUSIAS beliau akan ilmu dan informasi lah yang bisa mbikin beliau kayak gitu! Bukan sifat HAUS akan tampil pake baju apa dan nyalon dimana lhooo… :P
So, ga salah juga kan kalo aku ngomong kebiasaan itu nge-hambur hamburin duit. Dan justru itu mengabaikan terang terangan salah satu cita cita dari RA kartini yang sering dia ungkapkan pada sahabat pena beliau di belanda. Kok bisa? Jelas bisa!
Coba dipikir deh, waktu anak satu sekolahan/instansi pada pake kebaya, pasti pada kelihatan kan mana yang pake kebaya mahal mana yang pake biasa biasa aja. Nah itu malah nunjukin kesenjangan social yang ada! Kesenjangan social yang selama ini berusaha sedikit direndam pake air dan deterjen bernama peraturan menggunakan pakaian seragam disekolah/instansi. Padahal dalam salah satu surat beliau ide ide tentang demokrasi dan penghapusan kesenjangan social yang menurut beliau tidak perlu ada tercantum,tertulis,dan tersurat dengan sangat jelas,padat,tajam,dan terpercaya!
Pada akhir dari tulisan bapak edy supratno (2012) tersebut, terdapat sebuah penutup yang cukup menggelitik dan akupun mutusin buat ngutip hal itu juga buat penutup dari postingan blog ini.
kartini tidak semata-mata hidup dari kasur, sumur, dan dapur. Dia berkebaya bukan sekedar untuk upacara, perlombaan, atau kondangan, tapi tetap berada dalam tradisi temporer saat itu. Inti kekartinian sebenarnya sama sekali tak ada kaitannya dengan kebaya. Banyak yang kita tahu, dia mempunyai cita-cita besar dan sangat mulia. Dia berupaya memerangi ketidakadilan. Kartini tetap jago masak, tapi juga ingin masyarakat terdidik dan tercerahkan. Selamat hari kartini.” 

Komentar

  1. Aku sumpahi kau kurus Ja!!! Aamiin :)

    Aku dari dulu juga agak gak nyaman kalo pas tanggal 21 April trus musti ke sekolah pake kebaya. Entah kenapa.
    Tapi sepertinya isi dari postingan ini adalah jawabannya #ehh #sotoy :D

    BalasHapus
  2. selamat hari kartini :) *yampun telat banget ucapannya* hihi

    BalasHapus
  3. Hi, I'm following your blog :D Follow me back? Hehhe. http://qrazeenotes.blogspot.com/

    Nice blog by the way..keep writing good stuff! ^^

    BalasHapus
  4. athifah dahsyamar : hai..hai.. selamat hari kartini juga..

    ain kupret : let me see what can i do

    BalasHapus
  5. Surat kabar emang penting yah :D
    hahaha dan suka petikan terakhir tulisan ini.
    biarpun telat..
    semoga kartini tetap ada dimasing2 wanita indonesia.

    BalasHapus
  6. @uchank: penting? what can i say,,hmm..its pretty much lah.. yup amien aja deh..

    BalasHapus
  7. salam sukses gan, bagi2 motivasi .,
    Hargailah hari kemarin,mimpikanlah hari esok, tetapi hiduplah untuk hari ini.,
    ditunggu kunjungan baliknya gan .,.

    BalasHapus
  8. aiiisshhh memang bener bang, tidak ada substansinya antara kebaya dan hari kartini.
    tapi saya sendiri juga bingung kenapa KITA dulu juga melakukannya?
    atau karena kita belum bisa berpikir bang?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menata hati itu...

" ___________ "

Saat aku mulai sadar betapa beruntungnya aku memiliki kalian.