Sebenarnya bisa, sebenarny lho....


Sebenarnya bisa, sebenarny lho....


source

Sebenarnya, dalam berbagai hal, kita (Indonesia) bisa JAYA kok, sebenarnya lho,,sekali lagi sebenarnya,, kalo orang jawa bilang “sakjane”,,masih pada taraf kata “sebenarnya”, belum pada taraf “pasti” ato bahkan “sudah”. Lucu banget emang, sangat amat lucu sekali kalo boleh (“pemborosan kata” kata guru bahasa ku waktu sekolah dulu). Yah, mau gimana lagi,, realitanya emang seperti itu kan? Kita punya semuanya. Bahan? Banyak! Tenaga? Kita punya penduduk terbanyak ke 4 bung! Dan ga mungkin segitu banyaknya pada unskilled semua! Bener kan? Kecuali pada banyak dari mereka unwilling to do something (MALES=Mankind with A Lot of Ego and Selfishness). Itu baru parah, lebih parah dari orang yang unskilled ato uneducated.

Sebenarnya kita semua udah sadar dan tahu kok kalo kita bisa. Well tentu aja hal itu terlepas dari soundtrack sea games kemaren yang kebetulan judulnya juga “Kita Bisa”, kita udah sadar betul kok. Ibarat kita tuh orang habis mabuk-mabukan semaleman, kita tuh habis muntah-muntah trus habis itu disuruh minum campuran air kelapa ma peresan jeruk nipis plus sedikit gula. Dah pasti sadar deh dari ngefly and hangover effect nya. Problem tambahannya adalah kita stuck di “kita tahu kok kita bisa” dang a berlanjut ke “kita buktikan kita bisa” ato bahkan “tuh kan, kita bisa toh”.
Pembicaraan kayak yang aku tulis ini udah bejibun deh. Mayoritas tersaji diberbagai media baik media cetak maupun media elektronik. Dan bagi mereka yang tergabung dalam milis, komunitas, dan berbagai forum di dunia maya pun udah sering menggelar debat kusir mengenai hal tersebut. Postingan dari berjuta blogger dari berbagai situs penyedia layanan weblogs baik berbayar maupun gretongan ga bosen bosen triak triak pake sepuluh jari tangan mereka. *walopun banyak juga yang Cuma bisa ngetik pake 2 jari telunjuk doank ato paling ga kayak aku nih 8 jari doank alias minus jari kelingking :X. tapi sekali lagi, mengutip kata temen saya “toh kita mo ndorong pake cara gimana juga ntar sama aja hasilnya, kamu mo nulis di blogmu sampe sejuta episode bersambung juga kemungkinan Cuma dikomen gitu gitu aja, lagian kamu optimis banget jadi orang ” well, saat temen saya ngomong gitu saya langsung kepikir sesuatu “ ih, gila.. sejuta episode? Kalah tuh sinetron-sinetron yang pada stripping day by day di TV” #TepokJidatBiarFokus.

So? aku optimis? Well, aku lebih suka dianggep realistis ketimbang optimis, Nasionalis?Patriotis sejati? Well, kalo aku disodorin kesempatan buat ganti kewarganegaraan sama pemerintah jepang, 99% ga nolak deh. Jadi aku ya ga tipe orang optimis, nasinalis, dan patriotis sejati serta –is –is yang lain yang berkesan wah dan super. Aku ya ordinary civilian yang bisa ngomong gini karena realita yang ada emang bener memungkinkan.

Oke deh, satu contoh aja, yang lumayan sering disorot deh, prestasi olahraga kita. Waaaa…semua orang yang nonton atlet atlet kita tanding entah lawan Negara mana kek, pasti, mayoritas pada langsung komen gini “alah Indonesia aja kok, ntar paling juga kalah akhirnya” ini real lho.. sering banget waktu saya nonton gitu di TV trus entah dari mana dan mulut siapa selalu ada yang komen gitu, sering banget dah,,bahkan mungkin mendekati always malah. Lha itu kan nunjukin betapa tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kemampuan dan daya saing kita di kancah olahraga internasional masih below average toh? Ya toh? Realistis ini,,,realistis menurut realita yang saya tahu, karena Alhamdulillah saya ga ada keturunan paranormal ato pra-normal sehingga bisa tahu realita yang sampean-anda-panjenengan-kamu kamu sekalian temui sehari-hari.

Sekarang pertanyaanya adalah kenapa prestasi olahraga kita kok doyan banget melorot terjun bebas tanpa parasut ato talinya bungee jumping???.

“Oh, itu karena atlit kita kualitasnya emang segitu mas” kata salah seorang pelanggan tempat warung saya biasa nongkrong. Well, bolehlah.. walopun cukup banyak juga atlit kita yang mumpuni,walopun kalah mumpuni dari Negara lain.

“oh, itu gara gara duit buat gaji atlitnya di tilep mas”. Well, nice answer, emang kenyataanya selal ada tilepan sana sini..dari atas sampe ke bawah yang akhirnya nominal yang jatuh dan bisa dinikmati oleh sang atlit ga sesuai sama keringat dan cedera kanan-kiri yang dia terima. dan ujung ujungnya mereka dicap oleh masyarakat sebagai “penggadai nasionalisme” dengan menerima tawaran naturalisasi dari Negara lain,, kalo aku berada pada posisi kepepet bin kepojok kayak tuh atlit ya aku juga bakal ngelakuin hal yang sama, toh nasionalisme yang diagung agungkan itu ga bikin anak istri dan kelarga pada kenyang n tidur nyenyak toh?.

“oh, itu karena pelatih kita kurang ahli mas”. Wew, pelatih kita banyak yang statusnya udah pro. Banyak juga yang sampe angkat tas buat kuliah ke luar negeri.

“oh, itu karena infrastrukturnya mas, jelek gara gara ga ada duit”. Wah duit lagi neh, sama donk dengan yang nomer 2 tadi. Dan ini emang bener banget, sarana penunjang kita emang masih kurang banget. Baik itu berupa alat atopun sistemnya. Beberapa saat lalu saya berkesempatan buat berbicara dengan salah seorang pejabat penting dari Negara tetangga. Pamer? Dikit lah…jarang jarang ngomong sama bule yang statusnya “penguasa”, hahahaha… oke, fokus teman-teman!. Jadi gini, awalnya saya hanya diminta temen saya buat jadi penerjemah untuk keperluan penelitian yang sedang dia jalankan, kebetulan narasumbernya bule dari Negara sebelah yang pada pertengahan wawancara saya baru tau kalo dia orang penting. Well, di tempatnya, disalah satu Negara bagian (state) di negaranya, dia menjabat setara mepora gitu deh tapi levelnya Negara bagian kawan… beliau berkata bahwa salah satu masalah utama kita dibidang olahraga adalah keberadaan infrastrukturnya. Hal lain selain infrastruktur ya termasuk diantaranya organization management, education and publication, scouting system and talent identification, dll.

Kalo dilihat dan dibandingin, timnas sepak bola kita fasilitasnya masih kalah sama MU. Masuk akal ga? Itu timnas lho,, satu Negara,, MU? Itu club lho,,perusahaan,, gede mana coba? Nah loh, bisa di batin sendiri kan jawabannya?.. kemarin pak bule itu, sebut aja pak HP (inisial nama bro), sempat bingung kenapa Negara se-gede ini tapi belum nerapin dan miskin infrastruktur yang berkaitan dengan penggunaan sport science. Padahal kunci sukses klub klub olahraga di berbagai Negara adalah penggunaan sport scince dalam pengembangan atlit-atlitnya. Kenapa? Karena dengan mengaplikasikan sport science, coach bisa tahu kesulitan dan masalah atlitnya dengan lebih cepat. Coach juga bisa dengan mudah nemuin cara terbaik to overcome the problem.

Pak HP menceritakan sebuah kisah pada saya sebagai contohnya. Beliau pernah nemuin salah satu atlit angkat besi kita yang kesulitan angkat beban diatas 130Kg (kalo ga salah inget), then he try to test and measure kemampuan si atlit itu pake sport science, tentu aja pake alat alat yang aku sendiri ga tau. Dan anehnya, secara statistik, tuh atlit mestinya mampu angkat beban sampe 200Kg bahkan lebih! Dan masalah kenapa dia Cuma stuck di angka 130 adalah kesalahan gerakan saat dia mengangkat beban. Dan setelah melakukan berulang kali latian gerakan dan tes, bimsalabim! 200Kg=passed!. Itu baru cabang angka besi. Coba kalo diterapin di cabang lain.. bisa jadi pelari kita bakal jadi orang tercepat sejagat,,bisa jadi atlit bulu tangkis kita jadi juara “betahan” (betah-an men, bukan bertahan, jadi betah banget jadi juara) di berbagai kejuaraan… bisa jadi timnas kita yang sekarang pengurusnya lagi ribut soal kekuasaan berbau kentut itu akhirnya bisa ikut piala dunia, ato bahkan menang,,, bisa aja,,, sebenarnya bisa aja kok,,, sekali lagi sebenarnya, karena nyatanya sekarang pun hal tersebut belum diterapkan dan hal hal diatasnya belum dibenahin.. lantas apa mereka ga bisa benahin? Bisa kok, Cuma mungki masih belum sempet aja,,,ato belum mau aja,,, ato Cuma sebatas ngomong mau aja,,,ato lagi MALES aja (MALES=Mankind with A Lot of Ego and Selfishness)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menata hati itu...

" ___________ "

Saat aku mulai sadar betapa beruntungnya aku memiliki kalian.