UN itu….membingungkan


UN itu….membingungkan



Hey, para readers sekalian, pernah ada pikiran tentang UN? Ato mungkin justru readers pada lagi mau UN ato barusan kelar UN?

Oke, jadi gini, saat UN bagiku adalah saat generasi muda dididik untuk nunjukin jati diri sebenarnya. Yup, jatidiri sebagai manusia, makhluk yag serakah dan menghalalkan segala cara mulai dari cara baik baik dengan istighosah, belajar dan ibadah malam buat kejatuhan nilai dari langit, sampe pake cara cara kotor yang logis and superstitious mulai dari bingung cari soal yang bocor sampe jawaban yang bocor bahkan kabarnya ada sekolah yang khusus nyediain pensil and penghapus yang udah dibawa ke paranormal (entah kyai beneran apa dukun tapi pake sorban) yang konon udah di mantra-mantrain.

Dan yang paling parah adalah yang pake kedua cara itu secara bersamaan. Nah loh, jadi pake cara halal anf haram bareng bareng. Jadi siswa tersebut juga belajar and berdoa bercucur air mata sekaligus muter muter keliling kota sampe habis bensin and pulsa buat cari bocoran soal and alamat paranormal. Dia juga mengawali masuk kelas dengan berdoa pada Tuhan YME, dan ½ jam kemudian lupa pada Tuhan YME and mulai tuker tukeran jawaban sama temennya yang kodenya sama ma dia sampe buka buka telpon genggamnya buat nyocokin jawaban, dan tentu aja saat bel tanda waktu habis mreka mendadak inget sama Tuhan YME “lagi” and langsung merapal doa plus nadzar nadzar nya kalo doanya terkabul (jadi ceritanya tuhan mau disogok gitu kah?), walopun ga jarang kalo mereka ntar ujung ujungnya lupa “lagi” juga kalo punya nadzar ke Tuhan YME gara gara keasyikan party, corat coret baju, dan buang buang uang baan bakar dijalanan pake motor motor pembelian ortu mereka yang kemudian dengan sadar mbikin macet n mbikin orang telat dengan konvoi konvoi yang ga jelas tema dan maksudnya.

Tu tadi kondisi masyarakatnya, lantas gimana nih kondisi “pihak berwenang”nya?

Pihak berwenang pada sibuk ngomong and triak triak di media “kami menghimbau agar masyarakat tidak panik dan tidak percaya bocoran bocoran kunci jawaban yang beredar”. Bahkan pak mentri getol banget ngomong “yang percaya bocoran kunci jawaban berarti rugi”, padahal banyak banget pengguna kunci yang dibuat terkaget kaget saat ngedapetin kalo jawaban jawaban dikunci jawaban yang beredar via sms, bbm, dan via via yang lain ternyata tingkat kebenaran dan kecocokannya sampe +80%, walopun ada juga yang ketipu sama kunci sampe sampe 1 sekolahan pada ga lulus semua.

Lantas solusinya gimana? Gampang kok, UN tetep ada (sadar banget aku kalo UN itu salah satu proyek departemen pendidikan yang bikin beberapa orang dapet pesangon tambahan,,,santai ya bapak-bapak,,ndak ada yang dirugiin kok…wakakakak..) tapi yang nentuin kelulusan tetep sekolah masing masing, bukan Negara. Sekolah pun mesti professional and ga ngejar kelulusan 100% demi harga diri dan bukan demi sumber ceperan tambahan saat penerimaan siswa baru pada tahun ajar selanjutnya. Toh endingnya kalo para lulusan itu mau masuk jejang yang lebih tinggi, mereka juga tetap di tes kan? Kenapa harus di tes kalo udah ada ujian kelulusan? Jawabnya gampang, karena pihak yang menyelenggarakan tes itu sadar betul kapasitas dan persentase kemurnian UN. Dengan kata lain (kata yang lebih kasar) hasil UN masih belum bisa distempel OBJECTIVE and TRUSTED MATERIAL.

Lantas sampe kapan? Mungkin sampe aku nanti udah capek buat bingung, ato mungkin sampe nanti aku emang bener bener udah ga bingung lagi. Who knows, right?

Komentar

  1. Un tuh dag dig dug... hehehe :D

    BalasHapus
  2. haha,,untung saya udah selesai gan..nice

    BalasHapus
  3. @hasana annas : kalo pesertanya dagdigdug, guru n pengawasnya undah terekdungces

    @gopar-it : aku juga udah gan... udah 5 taun lalu malah..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menata hati itu...

" ___________ "

Saat aku mulai sadar betapa beruntungnya aku memiliki kalian.